Pendidikan Bahasa Jepang, Ngapain sih?


Hello guys!

It has been a long time, yeah it is. Akhirnya gue ngeblog lagi sambil bawa sebuah judul yang kayaknya asik nih. Yup, this time I will tell you about, ngapain aja sih kuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Jepang? Cekidot!

Jurusan bahasa Jepang kayaknya akhir-akhir ini lagi digandrungi sama kaula muda, terutama kalangan wibu pecinta Jejepangan. Faktanya memang, kalo udah suka sama produk-produk dari negeri Sakura itu, besar banget kemungkinannya orang juga bakal tertarik sama bahasanya. Ini yang bikin orang yang berminat terhadap segala hal berbau Jepang terutama bahasanya semakin meningkat. Selain di tingkat sekolah menengah yang mengajarkan bahasa Jepang tingkat dasar, anak muda yang berminat buat ngelanjutin ke perguruan tinggi dengan jurusan bahasa Jepang pun meningkat pastinya. Eh tapi tunggu dulu, jangan cuma karna tren lantas ikut-ikutan ngambil jurusan bahasa Jepang. Jangan cuma ngerasa suka sama anime (kartun –red), lantas tanpa mikir langsung milih jurusan bahasa Jepang. Pahami dulu, bakal belajar apa sih di jurusan ini?

Oke sebelum membahas lebih lanjut, gue kasih secuil pengetahuan dulu tentang jalur yang bisa diambil buat belajar bahasa Jepang di perkuliahan. Secara umum sama aja kayak jurusan lainnya, yaitu ada yang pendidikan sama non pendidikan. Bedanya apa sih? Simpelnya, kalo pembelajar bahasa Jepang yang jalurnya pendidikan, dididik buat jadi guru. Dididik lho ya! Bukan harus. Nah kalo yang non pendidikan, itu belajar ilmu murni dari jurusan yang diambil. Jadi gak bakal ada, kalo adapun cuma sedikit, pendidikan tentang keguruan. In other words, yang bakal dipelajari adalah total tentang jurusan yang diambil. Nah karena gue dari jurusan Pendidikan Bahasa Jepang, yang bakal banyak gue bahas cuma apa yang dipelajari kalo ngambil jalur ini. Ditambah sedikit perbandingan berdasarkan pengetahuan gue.

Perkuliahan
Jadi ngapain aja sih di jurusan Pendidikan Bahasa Jepang?. Pendidikan Bahasa Jepang tuh jurusan yang ceritanya mendidik mahasiswanya supaya pandai dan terampil untuk menjadi guru bahasa Jepang. Pada dasarnya kita mainly bakal belajar tentang kebahasaan. Bahkan bisa dibilang, 80% muatan pembelajaran ke-Jepangan adalah pembelajaran tentang bahasa. Kok banyak banget? Emang belajar kebahasaannya apa aja? Nih gue kasih tau kurang lebih bakal belajar apa aja :
1. Tata Bahasa (Bunpou)
2. Kanji
3. Menyimak (Choukai)
4. Membaca (Dokkai)
5. Berbicara (Kaiwa)
6. Menulis (Sakubun)
7. Teknik Penerjemahan (Honyaku)

Dan masih ada beberapa mata kuliah lagi yang bakal dipelajari. Kedengarannya asik bukan? Eits tunggu dulu, karena jalurnya pendidikan, masih ada lagi yang bakal dipelajari.

As I already told you before, kalo kuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Jepang, kita bakal dididik supaya bisa jadi guru yang terampil. Sehingga bakal ada banyak juga mata kuliah yang berkaitan dengan keguruan. Mata kuliah keguruan ini ada buat menyokong kita supaya nantinya ketika terjun sebagai guru bahasa Jepang di sekolah menengah, kita udah terampil dalam berbagai aspek. Sebut aja ada mata kuliah Landasan Ilmu Pendidikan, Psikologi Perkembangan, Teori Belajar dan Pembelajaran, Profesi Kependidikan dan menu wajib yaitu Praktik Keterampilan Mengajar alias PKM. Yup betul, abis kita belajar gimana caranya supaya jadi guru yang kece, dipakailah keterampilannya buat ngajar di SMA.

Jadi udah kebayang kan kira-kira kuliahnya bakal ngapain? Belajar kebahasaan dengan muatan 80%, ditambah dengan pendidikan keguruan. Karena dalam Pendidikan Bahasa Jepang muatan kebahasaan lebih ditonjolkan, alhasil pembelajaran kebudayaan jadi jauh lebih sedikit. Alasannya, karena mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang dididik supaya bisa jadi guru, maka yang diajarkan juga kebanyakan kebahasaan. Soalnya di tingkat SMA kan memang konsentrasinya belajar bahasa ketimbang kebudayaan. Jadinya jangan heran kalo mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang agak melenye kalo ditanya soal kebudayaan Jepang yang aneh-aneh. Tapi kalo kebudayaan yang umum pasti bakal dipelajari, cuma muatannya gak banyak.

Karir
Aduh belajarnya kebanyakan tentang bahasanya, ada muatan keguruan pula, terus ntar gue mau jadi apa? Don’t worry! Pada dasarnya sebuah jurusan di perkuliahan itu gak bakal ada kalo gak dibutuhkan di dunia ini. Artinya, jangan khawatir karir bakal gak jelas karna masuk jurusan Pendidikan Bahasa Jepang. Jelas banget kok, kalo kata peribahasa sih “Ada Udang di Balik Batu”. Maksudnya? Ya itu udang pasti di situ dengan maksud tertentu lah, misalnya minum teh atau neduh dari sinar matahari gitu. Begitupun jurusan Pendidikan Bahasa Jepang, diadakan karna ada maksud tertentu. Oke muter-muternya segitu aja.

Jadi kalo nanti udah lulus sebagai Sarjana Pendidikan dari jurusan Pendidikan Bahasa Jepang, main course kita adalah jadi guru. Dan jadi guru nya pun gak terbatas di SMA, tapi juga bisa jadi guru di lembaga bimbingan belajar atau jadi guru privat. Tapi sebenernya, meskipun main course nya jadi guru, peluang karir lain pun terbuka lebar buat lulusan Pendidikan Bahasa Jepang. Karena di perkuliahan kita juga bakal dibekali kemampuan lain yang menunjang pengetahuan kebahasaan kita, inilah yang bikin peluang karir pun gak cuma jadi guru. Misalnya kita bisa kerja jadi penerjemah baik itu di perusahaan atau penerjemah buku, jadi tour guide juga bisa, bahkan jadi pendamping hidup orang Jepang pun bisa!. Tuh kan, sebenernya abis lulus dari jurusan ini banyak pilihan karir yang bisa kita kejar. Tinggal kitanya sendiri, mau gak memantaskan diri buat ngejar karir itu?

Pendidikan Bahasa Jepang vs Sastra Jepang
Oke mungkin bakal jadi bagian yang sulit. Jadi apa sih bedanya jurusan pendidikan sama sastra selain dari adanya muatan keguruan di jalur pendidikan?. Kurang lebih yang gue tau sih ya, kalo jurusan Sastra Jepang itu muatan kebudayaannya hampir seimbang sama muatan kebahasaan. Jadi kurang lebih sekitar 40% perkuliahan isinya ngebahas tentang kebudayaan yang mencakup pembahasan sastra yang ada di Jepang, kehidupan orang Jepang sampai ke praktik tentang beberapa kebudayaan di Jepang contohnya tata krama upacara minum teh. Jadi orang yang minat banget buat belajar lebih jauh tentang kebudayaan di Jepang, sebenernya lebih cocok masuk ke jurusan Sastra Jepang.

Karna muatan kebudayaan tinggi, alhasil muatan kebahasaan jadi lebih rendah kalo dibandingin sama yang dipelajari mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Jepang, yakni sekitar 60%. Jadi bisa dibilang pembelajaran kebahasaan mahasiswa pendidikan lebih kaya dibanding yang non-pendidikan. Ya kalo soal pengetahuan otentiknya sih tergantung orangnya ya. Tapi secara umum kayak tadi, pola-pola kalimat yang dipelajari misalnya lebih banyak variasinya di jurusan Pendidikan Bahasa Jepang ketimbang di jurusan Sastra Jepang. Jadi, buat orang yang lebih seneng sama bahasanya menurut gue lebih cocok masuk Pendidikan Bahasa Jepang.

Terus soal karir gimana? Bersaing dong. Lulusan Pendidikan Bahasa Jepang aja bisa jadi selain guru, yang jurusan Sastra Jepang juga punya peluang buat jadi guru dan juga karir lain yang udah gue sebutin sebelumnya. Well, soal karir gue gak akan bahas banyak sih. Intinya tadi : Tinggal kitanya sendiri, mau gak memantaskan diri buat ngejar karir itu?

Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta
Rasanya gak afdol kalo gue ngebahas tentang jurusan Pendidikan Bahasa Jepang secara umum tapi gak ngebahas gimana sih jurusan ini kalo di Universitas Negeri Jakarta alias UNJ. Well, karna UNJ itu kampus pencetak guru, wajar aja kalo jalur pembelajaran bahasa Jepang di sini adalah pendidikan.

Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang UNJ itu masih dedek kecil yang baru lahir tahun 2006. Eits tapi jangan salah sangka dulu, meskipun baru berumur sekitar sembilan tahun, jurusan ini udah kece banget lho!. Jurusan PendidikanBahasa Jepang UNJ tuh sekarang jadi salah satu jurusan pelopor penggunaan KKNI atau Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia, atau versi SMA nya itu Kurikulum 2013. Meskipun dibilang sama kayak Kurikulum 2013, sebenernya KKNI jurusan PendidikanBahasa Jepang UNJ itu malah lebih kece ketimbang kurikulum sebelumnya.

KKNI jurusan Pendidikan Bahasa Jepang UNJ itu dibuat sedemikian rupa supaya mahasiswanya punya kemampuan yang saling bersinergi. Artinya materi antara kemampuan menyimak sama membaca itu bakal dikaitkan supaya kedua kemampuan tadi bisa berkembang tanpa meninggalkan satu sama lain. Kalo kurikulum lama, mungkin kita cuma bakal fokus ke satu kemampuan aja kalo lagi kuliah yang bersangkutan, jadi gak akan terlalu berhubungan sama kemampuan lain. Alhasil jadinya kemampuan kebahasaannya kurang seimbang karna gak ada sangkut paut satu sama lain dalam perkuliahannya.

Selain itu, buat menunjang pelaksanaan KKNI, perkuliahan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Jepang UNJ juga bakal dipersenjatai sama buku racikan sendiri. Buku racikan sendiri ini buku yang isinya berisi materi-materi pilihan yang disusun sama dosen-dosen kece jurusan Pendidikan BahasaJepang UNJ. Jadinya pembelajaran gak bakalan monoton karena kita gak terfokus sama satu jenis buku. 
Tentunya kalo cuma kuliah pasti boring dong. Jangan khawatir, jurusan Pendidikan Bahasa Jepang UNJ juga punya himpunan mahasiswa buat yang mau aktif berorganisasi. Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa Jepang ini bakal jadi wadah buat jiwa-jiwa muda yang seneng buat ngadain acara seru juga nambah pengalaman juga relasi. Salah satu acara himpunan ini yang paling dikenal adalah Jiyuu Matsuri UNJ alias Jimat UNJ. So, pastinya bakal seru banget kuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Jepang UNJ. Karir jelas, kurikulum oke, juga ada wadah buat mereka yang seneng sama organisasi!. 

Nah kayaknya segitu aja deh celotehan gue tentang apa yang bakal dipelajari di jurusan Pendidikan Bahasa Jepang. Semoga bisa sedikit membuka pikiran dan hati ya, supaya gak salah milih nantinya. Pastinya sih kalo masuk jurusan Pendidikan Bahasa Jepang UNJ bakal ketemu gue belajar supaya jadi guru yang handal juga penerjemah yang kece!


See you~

Sumber Gambar :
http://j-cul.com/indonesia-negara-pembelajar-bahasa-jepang-terbanyak-kedua-di-dunia/
http://www.en.tls-japan.com/bahasa-indonesia/
http://www.labschool-unj.sch.id/smacibubur/82-berita/132-nanotenri.html
http://www.beranda.co.id/inilah-7-alasan-kenapa-warga-jepang-patut-dijadikan-contoh/28667/

23 komentar:

  1. Di UNJ membuka kelas kuliah malam atau jumat sabtu utk karyawan nggak mas? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayangnya tidak mas, di UNJ hanya ada kelas reguler.

      Hapus
    2. bila kita mengambil Study bahasa jepang ke jepang apa disana apa program untuk belajar sambil kuliah begitu, jadi biayanya menjadi terjangkau

      terima kasih, mohon infonya

      salam,

      Hapus
  2. Kak saya mau tanya. Saya kan dari jurusan ipa dan pengen ambil pend. Jepang di snmptn nya. Ada yang bilang kalo buat snm itu ipa ga bisa ambil ips, cuma bisa di sbm aja. Tapi saya liat dftar jurusan yang bisa milih itu ipa termasuk bisa ambil pend. Jepang. Yang mau saya tanyain, apa kecil bgt presentasinya kalo saya ipa dan saya mau ambil prodi ini di snmptn? Makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya bisa sih, tapi kan ada prioritasnya ya. Jurusan bahasa diprioritaskan untuk jurusan IPS. Kalau di SBMPTN kan tidak mengenal kamu dari sekolah/jurusan mana :)

      Hapus
    2. Enggak jugak kok..buktinya saya lulusan pendidikan bahasa dan sastra jepang.. Dan sya jugak lulusan Ipa .. cobak aja dulu

      Hapus
    3. @Clindayanti : Kakak masuk lewat jalur apa? Klo misalkan saya dari IPA, ingin masuk ke pend. Bahasa Jepang, tapi di sekolah saya tdk mendapatkan mapel bahasa Jepang, sedangkan rata2 raport saya lumayan stabil dan relatif meningkat. Nah, klo saya mendaftar jalur SNMPTN kira² peluangnya gmna?
      Mohon jawabannya kak.
      Lolitafrnls@gmail.com

      Hapus
  3. Thanks ya mbah atas penjelasannya. ╮(╯3╰)╭ hati tergerak ke sastra, tapi jadi retak karena bahasanya cuma 60%

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu cuma opini penulis artikel ini aja kok, kan setiap ptn/pts punya 'racikan' kurikulum masing2

      Hapus
  4. Kak. Kalo mau masuk pendidikan bahas Jepang mesti tau bahasa Jepang kaya hurufnya gitu walaupun sedikit ya?

    Saya mau ambil jurusan itu tapi saya belum punya basic bahasa Jepang sama sekali. Gapapa atau ntar disana kita di ajarin lagi kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane bantu jawab ya gan.

      Biasanya kita ga harus tau dasar2..krn diajarin dari awal banget..
      Begitu juga prodi bahasa asing lain (kecuali inggris)

      So,jangan takut ya

      Hapus
  5. Kuliah apa ya mas yang ada jurusan bahasa jepang ini?
    Contoh misalkan diunmul atau yang lain gitu

    BalasHapus
  6. Permisi min.. ceritanya gini,saya kan maba baru pend.bhs&sast jepang di univ X.
    terus terang seumur hidup saya belum pernah nonton anime jepang maupun baca komik jepang.(selain belum pernah memang gak tertarik juga)
    Jd apkah ad ngaruh nya gak sama proses perkuliahan nanti??
    Soal nya dari rumor yg beredar mahasiswa prodi jepang di paksa rajin buat baca komik jepang maupun nonton anime jepang..
    Jd gimana kak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah sama banget ini gimana ya?

      Hapus
    2. Oke..ane bantu jawab ya gan..

      Nggak sama sekali kok..
      Bahkan dalam prodi bahasa jpn ada lho orang yg murni bukan penggemar anime,manga,atau jpop.Mereka murni krn emg mau belajar dan tau tentang Jpn aja.

      Sama sekali ngga ada paksaan.Tapi kalo pada dasarnya suka anime dan manga itu bakal jd bonus untuk latihan dengerin plus jadi bahan modal pelajaran.
      Berubung di anime dan manga bahasanya non formal,jd itu cuma kepake untuk komunikasi kasual aja. Selama menempuh pendidikan,biasanya yg diajarin bahasanya macem teks book aja.

      Kalian nonton anime atau manga bisa jadi kalo ada tugas yg berhubungan sama hal tsb..

      Hapus
  7. Kalo menurut kakak lebih bagus sastra apa pendidikan ? Aku bingung banget soalnya 😭

    BalasHapus
  8. bagusan sastra apa pendidikan kak?

    BalasHapus
  9. Baca ini saya jadi yakin mau masuk pend. Bahasa Jepang��

    BalasHapus
  10. Apakah kalo pendidikan sastra Jepang diterima di kedutaan atau Kemenlu?

    BalasHapus
  11. Artikel yang bagus Gan..

    Ane mau nambahin gan,berhubung ane juga lulusan pendidikan bhs jpn di kampus X.

    Untuk yg mikir,enakan sastra atau pendidikan bahasa krn prospek kerja sih jangan khawatir.
    Dua2nya memungkinkan utk jadi ahli bahasa,ahli kejepangan.
    Kalo yg suka bljr jpn secara mendalam dari segi linguistik,kajian budaya lebih baik sastra Jpn aja. Krn di pend bhs jpn hanya bljr pengantarnya aja.
    Kalo kalian ambil pend bhs jpn, lebih fokus ke cara pengajaran dan itu asik2 aja kok.
    Untuk peluang kerjanya sebenarnya ga pandang bulu,mau dari sastra atau pendidikan,selama ada skill sesuai permintaan perusahaan/klien pasti bisa dpt kerjaan itu.Atau mungkin bakal kerja diluar jurusan yg diambil jg bs..karena skrg loker kerjaan banyak yg hire dari berbagai disiplin ilmu syaratnya.

    Untuk kerja di kedutaan atau kemenlu,itu tergantung dari pihak sananya.Butuh tenaga kerja spt apa..nanti di sesuaikan. Tapi nggak lantas bisa jadi duta besar,karena itu butuh proses yg panjang dan ranah yg biasanya diisi sama org yg dari latar belakang HI.

    Kalian jg bisa lanjut S2 ke lintas jurusan (yg tdk mensyaratkan khusus harus dari jurusan linear).

    Jadi,jng takut mencoba ya..

    BalasHapus

 

Quote

Let's get it done . .実現の為にゆくのよ. . Let's face it
Let's get it done. .Moving on for the sake of realization. .
Let's face it ~YUI

LEO-House Indonesia

Tanya Mbah Gugel

Loading