Napak Tilas Perjalanan Nokia

Guys punya ponsel kah? Itu lho yang terkenal dengan sebutan “Handphone”. Kalo punya atau minimal pernah denger berita tentang ponsel, pasti tau dong salah satu ponsel dengan merk ternama yaitu “Nokia”? Nah entri kali ini bakal mau ngebahas tentang beberapa ponsel Nokia yang patut dikenang versi gue.

Nokia dengan jargon andalannya yaitu “Connecting People” adalah vendor ponsel favorit gue. Hampir semua produk keluaran pabrikan asal Finlandia ini gue suka. Desain ponsel, fitur juga hardware yang mumpuni bikin gue jadi fanboy vendor ponsel yang dulunya produksi karet ini. Nokia ini terkenal di era tahun 2000-an terutama karena banyak ponselnya yang ajib dan cocok untuk kalangan apapun. Makanya gak berlebihan kalo Nokia sempet merajai industri ponsel selama lebih dari sepuluh tahun. Sayangnya, sejak Negara api menyerang, Nokia kehilangan pamor dan akhirnya gatau kayak gimana prosesnya, dibeli sama Microsoft. Sedih banget ya, sampe bikin banjir.


Pernah bertanya-tanya gak sih, kenapa banyak banget angka dalam ponsel Nokia? Mulai dari seri 1 sampe 9 ada, kecuali seri 4 yang gak dirilis di Asia yang alasannya karena angka 4 membawa sial. Nah gue bakal ngasih tau nih perbedaan tiap seri berdasarkan info yang gue dapet dari laman Nokia di Wikipedia. Seri 1 itu ultrabasic alias dasar banget, 2 basic, 3 expression series yang banyak ditargetkan buat kaum muda, dan 5 active series. Disusul dengan seri yang lebih mahal, 6 classic business series, 7 fashion & experimental, 8 premium dan terakhir 9 communicator. Gue gak akan ngebahas seri yang pakai huruf, karena udah jelas pembagiannya kalo ngeliat masing-masing contoh ponselnya. Nah sekarang kita masuk ke bagian yang gue suka. Cerita-cerita tentang ponsel favorit gue selama perjalanan Nokia hingga sekarang. Cekidot!

Nokia 1110, 3315, 3310 – The Legend
Pasti tau banget dong deretan ponsel ini? Yup, namanya aja The Legend. Nokia 3310 dan 3315 merupakan salah satu produk Nokia yang dikenal banyak orang terutama karena harganya yang murah, tahan banting dan oke banget buat SMS-an. Batre nya juga awetnya gak ketulungan. Apalagi semenjak dipakai sebagai senjata dalam sebuah aksi, ponsel ini kian tenar hingga sekarang. Meskipun kedua ponsel tadi bisa dibilang produk Nokia yang paling terkenal, menurut Malinmobile dan situs lainnya  Nokia 1100 adalah ponsel dengan penjualan terbanyak sepanjang masa. So they are truly a legend!

Nokia 2300 – Monochromic Polyphonic
Penikmat ponsel murah saat itu pasti langsung kepincut sama Nokia 2300. Harganya down to earth banget, meskipun layarnya masih monokrom, tapi udah punya polyphonic ringtone di dalemnya. Dulu kalo misalkan ada orang yang punya ponsel ini, pasti yang paling dibanggain adalah ringtone nya tadi. Selain itu desain keypad nya yang unik bikin ponsel ini jadi sasaran low level market yang jitu pada saat itu.



Nokia 7650 - Big Boss, First Symbian
Tahun 2002 merupakan saat dimana Nokia mulai step up. Gimana enggak, pada tahun ini Nokia akhirnya menelurkan ponsel pintar berbasis OS Symbian pertamanya yaitu Nokia 7650. Ponsel ini ukurannya gede dan tebel banget, terutama karena form factor nya pake slider. Sebagai ponsel pintar pertama, Nokia 7650 udah punya kamera VGA meskipun belum dipersenjatai slot MMC. Alhasil cuma bisa nampung file sampe 4 MB aja, dikit banget ya. Nokia 7650 merupakan ponsel terfavorit versi gue. Gue suka banget sama ‘kebongsoran’ yang dimilikinya :D



Nokia 3650 & 3660 – Si Bongsor Cakep
Melalui keberhasilan Nokia 7650, dalam interval tahun 2002 sampai 2003, Nokia kembali menelurkan ponsel pintar berbasis OS Symbian. Kali ini seri 3 yaitu 3650 dan 3660. Duo penerus 7650 ini sama kayak kakaknya : bongsor. Bagian atas hampir kotak, sementara bagian bawahnya setengah lingkaran, bentuk yang cukup aneh pada masa itu. Nokia 3650 punya ciri khas tersendiri, yakni keypad nya yang memutar dan membingungkan. Gue sendiri kalo pinjem ponsel ini dari temen, pasti pusing buat ngotak-ngatiknya. 

Duo N-Gage - Era Gaming
Ponsel gaming Nokia? Masih inget gak apa namanya? Itu adalah N-Gage dan N-Gage QD! Ponsel Nokia ini bentuknya unik dan emang didesain khusus untuk gaming. Orang yang doyan ngegame pasti pernah nyicipin ponsel ini. Soalnya game yang disuguhin buat duo N-Gage saat itu oke banget, makanya jadi a-must-have item buat yang doyan ngegame. Dipersenjatai dengan OS Symbian, kedua ponsel ini juga oke banget buat dijejelin aplikasi pihak ketiga. Bikin duo N-Gage jadi pilihan yang asik buat anak muda.


Nokia 6600 – Symbian Sejuta Umat
Julukan yang gak berlebihan buat ponsel Nokia dengan seri 6 ini. Gimana enggak, ponsel Symbian yang satu ini banyak banget yang punya. Desainnya simpel tapi pas banget di tangan, dan unik pada masanya. Ponsel ini juga merupakan ponsel pintar paling maju yang dirilis Nokia pada tahun 2003, ngalahin trio bongsor yang gue udah sebutin di atas.



Nokia 7610 – Megapixel Lord, Si Daun
Yup, inilah awal kemajuan Nokia dalam ponsel berkamera. Nokia 7610 merupakan ponsel Nokia pertama yang dipersenjatai kamera 1 Megapixel (cuma 1 Mpx aja udah bangga). Selain membanggakan resolusi, pada masanya Nokia juga membanggakan durasi rekaman video dari ponsel ini. Masih inget berapa? Ya, durasi yang dibanggain saat itu adalah 10 menit. Sebuah kemajuan yang memang patut diacungi jempol. Desain ponsel ini juga pasti dikenang banget sama penggunanya. Pasalnya desain Nokia 7610 mirip kayak daun, udah gitu di belakangnya ada cermin. Keren gak tuh beli ponsel dapet cermin?

Nokia 7360, 7370 & 7380 – The Real Fashion & Experimental Phone
Jajaran ponsel Nokia ini merupakan yang paling gue gak ngerti kenapa Nokia sebegitu gilanya ngerilis ponsel fashion dan ponsel eksperimen. Nokia 7360 dan 7370 sebenernya gak aneh-aneh banget, cuma seinget gue kedua ponsel tadi didesain sama desainer terkenal gitu, sampe ada label clothingnya berasa pakaian distro. Nah yang lebih gila dari dua ponsel di atas tuh ya Nokia 7380. Masih inget gak bentuknya kayak gimana? Mirip bungkus pasta gigi! Ya, gue ulangi sekali lagi, mirip bungkus pasta gigi. Ponsel ini katanya ber-OS Symbian, punya kamera tapi layarnya kecil banget. Gue bingung gimana bisa puas narsis pake ponsel ini. Udah gitu Nokia cuma punya navigasi berbentuk stir mobil, yang katanya cuma perlu diputar-putar buat ngegulir antar menu dan huruf. Gila tapi unik!


Nokia 9500 – Nokia 13 Juta
Nokia 9500 itu ceritanya penerus Nokia 9210 yang sama-sama diperuntukan buat orang kantoran. Ukurannya gede banget, lebih gede dari pada Nokia 7650. Di dalemnya ada layar yang lega plus keyboard QWERTY yang oke banget buat kebutuhan kantoran. Kenapa gue kasih julukan Nokia 13 Juta? Yak arena sewaktu dirilis di Indonesia, ponsel ini dibanderol dengan harga Rp 13.000.000. Gue gak salah inget dan gak salah ngetik, beneran 13 Juta. Tapi meski semahal itu, nyatanya ponsel ini banyak diminati soalnya fiturnya emang ciamik banget pada masanya.

Nokia 8800 Family – Keluarga Tajir
Satu lagi jajaran ponsel Nokia yang gue gak ngerti kenapa ada aja yang beli. Keluarga Nokia 8800 merupakan ponsel Nokia yang pasti dibanderol mahal banget meskipun fiturnya gak seberapa. Desainnya juga apa adanya kalo menurut gue, entahlah kata orang. Tapi beberapa ponsel nya sih emang dilapisi bahan-bahan yang oke banget. Contohnya ada Nokia 8800 Sapphire Arte yang diberi taburan Safir, Gold Arte yang dilapisi emas. Tapi ada aja yang nyeleneh macem Nokia 8800 Carbon Arte yang katanya tahan meskipun dilindas mesin gilas yang dipakai buat ngehalusin jalan aspal. Siapa juga yang mau sengaja nyimpen ponselnya dipinggir jalan? Lagian kalo jatuh, mesin gilas kan lambat banget jalannya >.>

Nokia N73, N86 & N8 – Megapixel Successor
Ketiga ponsel Nokia ini merupakan penerus Megapixel Lord pertama Nokia yang udah gue sebutin di atas. Disebut penerus karena ketiga ponsel ini merupakan ponsel pertama Nokia pada masanya yang dipersenjatai kamera dengan resolusi lebih tinggi dibanding ponsel Nokia sebelumnya. Resolusi kamera Nokia N73 itu 3,2  Megapixel, N86 resolusinya 8 Megapixel dan kamera N8 resolusinya 12 Megapixel.   

Nokia E72 & N97 – The Powerful
Kedua ponsel yang dirilis sekitar lima tahun yang lalu ini menurut gue merupakan ponsel paling powerful di seri nya. Nokia E72 merupakan ponsel dengan keyboard QWERTY cocok banget buat orang kantoran, banyak banget aplikasi office di dalemnya. Sementara Nokia N97 merupakan ponsel kedua favorit gue yang desainnya asik banget, udah gitu kameranya 5 Megapixel. Resolusi yang cukup memukau pada masanya. Kedua ponsel ini kalau soal fitur jangan ditanya, udah pasti keren banget sesuai dengan sasaran pasarnya.

Nokia N900 – Selingkuhan Pertama
Boleh jadi inilah selingkuhan pertama Nokia selama jadian dengan Symbian. Nokia N900 merupakan ponsel hitam bongsor yang dipersenjatai OS Maemo, dan satu-satunya ponsel Nokia yang lahir dengan OS tersebut. Jadi gak berlebihan kalau gue bilang selingkuhan. Tapi ya namanya selingkuhan cuma buat selingan doang, akhirnya keberlangsungan OS Maemo dan Nokia segera berakhir dan gak ada lagi pembaruan untuk ponsel favorit ketiga gue ini.


Nokia Asha Series – Nokia’s Feature Phone
Tahun 2011-an, Nokia akhirnya banyak menelurkan feature phone alias ponsel low level dengan fitur sedikit high level. Kabarnya jajaran ponsel ini dirilis buat menaikan lagi angka penjualan ponsel Nokia yang kian memburuk akibat penetrasi ponsel-ponsel Android.




Nokia Lumia – The New Beginning
Bagian terakhir dari napak tilas perjalanan Nokia adalah Lumia. Nokia Lumia yang diproduksi bekerja sama dengan Microsoft untuk menelurkan ponsel ber-OS Windows bisa dibilang awal dan akhir perjalanan Nokia. Awal karena Nokia mulai menggunakan OS Windows dan meninggalkan Symbian. Akhir karena saham Nokia telah dibeli oleh Microsoft, sehingga ponsel high end Nokia sekarang udah berganti merk jadi “Microsoft”. Sad indeed. Tapi gue suka ponsel-ponsel besutan Nokia-Microsoft ini.


Meskipun perjalanan Nokia berakhir ketika Microsoft membeli sahamnya, tapi kabarnya Microsoft bakal tetep ngerilis ponsel bermerk “Nokia” hanya untuk ponsel low end. Ya meskipun tulisa “Nokia” nya tetep ada, tapi gue pribadi pasti bakal kangen banget sama ponsel-ponsel Nokia yang nyeleneh tapi keren banget. Long live Nokia!

*NB : Punya seri ponsel Nokia yang patut dikenang versi lo? Catumkan di komentar! :D


Pict & References : 
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Nokia_products

1 komentar:

  1. kalau ane, nokia 1110 gan
    ponsel pertama ane dan hingga kini masih awet dan masih ane rawat terus.
    sebenarnya sudah banyak yang nawar, tapi ane udah niat gak bakal dijual, berkesan banget soalnya hehehee

    mampir juga gan ke lapak ane http://bisniss-pulsa.blogspot.co.id/

    BalasHapus

 

Quote

Let's get it done . .実現の為にゆくのよ. . Let's face it
Let's get it done. .Moving on for the sake of realization. .
Let's face it ~YUI

LEO-House Indonesia

Tanya Mbah Gugel

Loading