Singer Review : Aimer ( エメ )

Halo-halo apakabar? :)

This time gue mau ngebahas lagi tentang penyanyi favorit gue, lagi-lagi berasal dari negeri sakura. Penyanyi yang satu ini bernama Aimer ( エメ ), atau dibacanya Eme (atau kalo ditambah pemanis bisa juga Eh-meh).

Perkenalan dikit, Aimer adalah penyanyi yang melakukan debutnya dibawah label DefSTAR Records tahun 2011. Lagu-lagunya Aimer banyak dipake buat soundtrack anime dan juga drama Jepang. Selain menyanyikan lagu sendiri, doi juga sering ngecover lagu-lagu milik artis lain contohnya Lady Gaga, Coldplay, Neil Sedaka, dan artis lainnya.

Aimer ini adalah penyanyi yang amat misterius, cerita tentang hidupnya hampir gak pernah dimuat di media apapun. Bahkan soal tanggal lahir doi pun masih menjadi misteri, lah jangankan itu muka doi pun masih menjadi misteri. Emang misteri kayak gimana? Tengok aja beberapa live video Aimer waktu lagi perform, gak pernah sekalipun nunjukin wajahnya dengan jelas. Bahkan tempat buat live performnya pun sering dibikin gelap, mungkin biar mukanya gak keliatan (btw di live perform yang terakhir doi nyanyi di tempat yang terang).

Aimer di Live at Anywhere Vol.14 menyanyikan lagu Lady Gaga yaitu Poker Face

Soal pribadi Aimer yang misterius ini berimbas pada art cover single/albumnya yang gak pernah memajang mukanya sendiri. Meskipun ada art cover yang ada orangnya, gak ada kepastian apakah itu Aimer atau bukan.


Art Cover Single Aimer, kiri ke kanan : 
RE : I AM ; 六等星の夜 ; あなたに出会わなければ ~夏雪冬花~

Okay beralih ke musikalitas Aimer, sebenernya gue gak begitu capable dalam ngebahas soal musikalitas, tapi gue mau memaparkan sedikit komentar aja tentang vokal dan lagu doi. Aimer ini selain penyanyi, juga penulis lagu tapi sejauh yang gue tau doi nggak menyusun sendiri musiknya alias bukan komposer. Kebanyakan lirik-lirik lagunya itu soal kasih sayang, soal mood lagu kebanyakan liriknya lumayan sendu bahkan sedih pake banget. Vokalnya Aimer adalah tipe vokal yang berat, serak-serak basah gitu, jadinya emang cocok banget buat nyanyi lagu ballad alias lagu sendu. Bahkan ada beberapa lagu yang musiknya diciptakan amat sendu atau malah terkesan gelap, contohnya あなたに出会わなければ ~夏雪冬花~ (Anata Ni Deawanakereba ~Natsuyuki Fuyuhana~) dan 今日から思い出 (Kyou Kara Omoide).

Selain apik dalam menyanyikan lagu sendu, Aimer juga mampu menyanyikan lagu-lagu tipe rock meskipun bukan lagu upbeat alias slow rock. Lagu yang gue maksud adalah lagu di single terakhirnya Aimer, yaitu RE : I AM. Seperti yang udah gue singgung sebelumnya, Aimer juga ngecover lagu-lagu artis lain, kebanyakan adalah lagu-lagu western. Aimer ini kabarnya pernah tinggal di luar negri, maksudnya di negara-negara barat gitu, alhasil doi lumayan fasih dalam pengucapan kata dalam Bahasa Inggris. Beberapa lagu berbahasa Inggris yang dicover sama Aimer yang menurut gue asik buat didengerin yaitu Poker Face (Lady Gaga), Breaking Up Is Hard To Do (Neil Sedaka), dan Viva la Vida (Coldplay).

Soal diskografi Aimer ga akan gue bahas karna gue emang gak terlalu ngikutin semua jejak karirnya. Gue mau ngebahas tentang album pertamanya aja, yaitu "Sleepless Nights". Album ini dirilis tanggal 3 Oktober 2012 dibawah label SonyMusic Record. Sesuai dengan judulnya, album ini berisi lagu-lagu buat nemenin malem kawan-kawan semua yang lagi insomnia, maksudnya mungkin biar bisa tidur. Kebanyakan lagu di album ini bukanlah lagu baru, tapi lagu yang berasal dari single sebelumnya dan juga lagu yang di arrange ulang oleh composer lain. Menurut gue lagu-lagu yang recommended dari album ini ya kebanyakan yang berasal dari single, yaitu 六等星の夜 (Rokutousei no Yoru), Re:pray, あなたに出会わなければ ~夏雪冬花~ (Anata Ni Deawanakereba ~Natsuyuki Fuyuhana~), dan 1 lagu barunya yaitu 笑顔 (Egao).

Ohya saking banyaknya lagu yang dicover Aimer, doi juga merilis cover album. Pertama Aimer merilis cover album “You Favorite Things” dibawah label indie, dan yang kedua yaitu “Bitter & Sweet” dibawah label DefSTAR Record.

Nah, segitu aja pembahasan yang bisa gue tulis mengenai penyanyi-penulis lagu bernama Aimer ini, semoga bisa ngebantu. Kalo misal ada yang salah atau kurang di entri ini, boleh kok disampaikan di kolom komentar, I will appreciate it ;)


8 komentar:

  1. Aimer itu nama penyanyi gan, bukan nama band 😁

    BalasHapus
  2. emang misterius , penasaran ama mukanya ... tiap di mv cuma drama yg ditayangin.. :'v

    BalasHapus
  3. aku suka lagunya yang jadi ost anime No. 6 ^^ yang judulnya Rokutousei no yoru itu, adem dengernya hehe

    BalasHapus
  4. Through my blood lagu barunya membuat ane terpaku mendengar semalaman T-T best

    BalasHapus

 

Quote

Let's get it done . .実現の為にゆくのよ. . Let's face it
Let's get it done. .Moving on for the sake of realization. .
Let's face it ~YUI

LEO-House Indonesia

Tanya Mbah Gugel

Loading