Panganan Tradisional Di Bandung

Halo semua~

Gue sebagai insan yang tinggal di Bandung, pastinya hampir tiap hari ketemu sama panganan yang tradisional di sini. Gue pribadi si gatau ya apakah panganan itu khas Bandung, atau bukan. Tapi yang pasti, panganan tradisional itu umumnya murah dan mudah dibuat, jauh banget sama makanan di tempat macam KF* , Mc*, atau A&* gitu lah ya. Meskipun harganya relatif murah, tapi menurut gue makanan tradisional di Bandung gak kalah sama yang di restoran, dan memiliki citarasa yang "Indonesia Banget" , tapi soal enak gak enaknya sih tergantung yang bikin juga, haha. Oke berikut ini panganan khas Bandung yang sering gue jumpai :

1. Lotek/Karedok
Lotek itu sebenernya mirip gado-gado, cuma kalo gado-gado emang terkesan segala dicampur. Kalo lotek itu sayur-sayuran yang dicampur sama bumbu kacang/pecel gitu. Kalo buat orang Bandung, sebenernya ada 2 versi, yaitu lotek dan karedok. Lotek itu kalo sayurannya udah mateng, biasanya direbus dulu sebelum diolah, kalo karedok itu biasanya sayurannya yang mentah. Gue pribadi si lebih suka karedok, karna rasa dari sayurannya masih kerasa, kalo yang udah dierbus kan kadang jadi gak berasa sayuran. Kalo lotek biasanya diisi sama kacang panjang, sayuran berdaun (gue lupa apa, kayaknya bayam), sama toge. Sementara karedok umumnya berisi kol, toge, sama mentimun a.k.a bonteng. Sebenernya isinya sih terserah aja mau apapun juga, yang membedakan cuma kematangannya aja. Selain itu, kadang juga dikasih kerupuk atau lontong sebagai pelengkap.


2. Peuyeum
Peuyeum sepertinya salah satu makanan tradisional yang katanya si khas Bandung yang paling terkenal. Peuyeum itu dibuat dari singkong yang udah melalui proses fermentasi, jadinya rasa peuyeum ini adalah agak asem gitu. Meskipun terkesan udah basi, tapi inilah yang bikin peuyeum punya citarasa yang khas.

3. Soto Bandung
Yup, dari namanya udah ketauan gimana wujud makanan yang satu ini. Soto merupakan salah satu makanan khas yang punya berbagai versi di beberapa daerah. Perbedaan Soto Bandung dengan soto lainnya adalah adanya lobak di soto ini. Gue pernah denger juga katanya ada salah satu ciri yang bisa membedakan orang Bandung dengan orang Jawa. Kalo orang Bandung makan soto itu soto dan nasi nya dipisah, jadi orang makan sambil sesekali nyiram nasi nya pake kuah soto. Sementara orang Jawa, nasinya yang dimasukin ke dalem soto, bisa semuanya atau sesendok demi sesendok sambil ngambil kuah soto nya. Gue lupa sih, mungkin kebalik, hehe. Soto adalah salah satu panganan yang cocok banget dikonsumsi kalo lagi dingin.


4. Es Goyobod

Katanya ini juga salah satu makanan khas Bandung atau mungkin Jawa Barat?. Trus kalo diliat dari wujud lebih tepatnya si minuman kalo menurut gue. Goyobod itu kurang lebih kayak es campur, ada makanan yang berbentuk kotak-kotak gitu mirip nata de coco atau agar-agar rumput laut. Trus udah gitu dicampur sama air kelapa, gula, sama es, wew kedengerannya seger banget ya. Gue lupa sih detilnya gimana es goyobod ini, soalnya gue juga jarang belinya, hehe.


5. Cimol, Cireng, Cilok
Oke lanjut ke trio cimol, cireng dan cilok, namanya terdengar gak asing kah? Mungkin buat orang yang gak ngerti Bahasa Sunda akan kebingunan mendengar nama cimol, cireng dan cilok. Semua makanan ini tuh bahan dasarnya dari aci atau tepung kanji, di Bandung sih lebih dikenalnya dengan nama aci. Nah, nama 'ci' dari masing-masing makanan ini tuh berasal dari 'aci' , lalu apa maksud dari mol , reng, dan lok? itu semua juga singkatan dari Bahasa Sunda. Mol itu berasal dari kata 'digemol' yang berarti dibentuk bulat-bulat, reng itu digoreng (kalo yang ini tau lah ya), dan lok itu dari kata 'dicolok' atau ditusuk. Nama-nama itu disesuaikan dengan cara penyajian atau cara mengonsumsinya. Misalnya cilok itu umumnya disajikan dengan cara ditusuk dengan batang yang runcung, jadi mirip sate. Sementara cimol dan cireng memiliki kesamaan dalam hal penyajian, sama-sama digoreng, tapi cireng itu umumnya pipih sedangkan cimol berwujud bulat seperti bola.


That's all from me, lainkali gue kasih lagi info tentang berbagai macam hal di Bandung. Oya kalo dirasa isi dari postingan ini ada yang salah, kasih tau gue ya, bisa lewat komentar lah ya :)

Hatur nuhun~

NB : Gue gak bertanggungjawab kalo gara-gara ini lo jadi ngiler, haha.

Sumber Gambar :
http://bandung.detik.com/readfoto/2008/12/09/132256/1050366/501/4/
http://chivaz.net/2012/08/resep-cara-membuat-cireng.html
http://resepmasakanindonesia.info/resep-masakan-lotek/
http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.com/2010/10/cilok-aci-dicolok.html
http://sauskecap.com/cimol-aci-digemol/
http://sundanisme.blogspot.com/2010/12/how-to-make-soto-bandung.html
http://wotaindo.wordpress.com/2010/07/12/wotatrip-1-es-goyobod-yurina-cafe-buono-italian-pizza-inul-vizta-%E2%80%93-morning-musume-karaoke/


0 komentar:

Posting Komentar

 

Quote

Let's get it done . .実現の為にゆくのよ. . Let's face it
Let's get it done. .Moving on for the sake of realization. .
Let's face it ~YUI

LEO-House Indonesia

Tanya Mbah Gugel

Loading