My Favorite RPG Games

Hello guys~

Are you gamers? Game apa yang lo suka mainin? Kalo gue sih game yang genre nya RPG. RPG tuh singkatan dari Role Playing Game, atau permainan bermain peran. Jadi dalam RPG tuh kita bakal mainin karakter tertentu tang nantinya bakal ada perkembangan yang terjadi. Misalnya peningkatan kekuatan, mampu pake senjata yang lebih kuat, dan lainnya. Eitss, jangan salah sangka dulu, RPG berbeda dengan action. Meskipun sama-sama memainkan karakter, tapi umumnya dalam game action tidak ada perkembangan yang terjadi pada karakter. Game genre action biasanya lebih dinamis ketimbang RPG, nah kalo game action ada perkembangan karakternya, berarti itu Action-RPG.
Oke sekarang gue mau ngasi tau lo, beberapa game RPG dan RPG-Action favorit gue, cekidot~

1. Final Fantasy X
Long live Final Fantasy . .!! Final Fantasy adalah serial RPG paling terkenal dari produsen game Squaresoft (sekarang Square-Enix). Dari semua serial FF, FFX adalah yang paling gue suka. Menurut gue FFX tuh fantasy nya lebih ngena dibanding seri FF lainnya. Selain itu, disini ada banyak pengembangan sistem yang ga ada di serial sebelumnya. Salah satu yang menjadi daya tarik game ini adalah adanya Aeon. Aeon itu nama lain untuk summon/GF/eidolon di seri FF sebelumnya. Hanya saja disini kita bisa mengendalikan Aeon kita, jadi sama kayak kita ngendaliin karakter utama. Selain itu Aeon ini juga punya serangan khusus serta overdrive (jurus pamungkas), dimana kalo di serial FF sebelumnya, tiap summon hanya memiliki 1 jurus saja.


2. Valkyrie Profile 2 : Silmeria
Valkyrie Profile 2 : Silmeria adalah karya lainnya dari Square-Enix. Tapi gue gatau apakah game ini sequel dari Valkyrie Profile di konsol PS-1 atau bukan. Ceritanya agak beda, seolah mengulang masa lalu, tapi beberapa karakter utamanya masih sama. Hal yang menarik dari game ini adalah sudut pandang saat penjelajahannya, dimana kita hanya bergerak ke kiri dan ke kanan. Grafis 3D, arah dalam penjelajahan 2D, saat battle berubah menjadi 3D. Selain itu, cara menyerang lawan pun berbeda dengan RPG lain. Dalam VP2, kita harus mendekatkan party kita dengan musuh lalu menekan tombol menyerang (tombol O, X, segitiga, dan kotak). Nantinya setiap karakter yang ditempatkan di tombol tersebut akan menyerang saat kita menekan tombol yang mewakilinya. Misal karakter A disimpan di tombol O, saat kita dekat dengan musuh dan menekan tombol O, maka si A akan menyerang. Melakukan serangan ini pun bisa berkali-kali (combo) dengan karakter lainnya, yang membuat game ini terlihat dahsyat saat battle nya.


3. Kingdom Hearts II.
Another masterpiece from Square-Enix. Kingdom Hearts adalah game yang genre nya RPG-Action, dimana karakter yang kita gunakan bisa bergerak dan menyerang dengan lebih dinamis. Namun karna kentalnya sistem RPG dalam game ini, membuatnya bergenre RPG-Action, bukan Action-RPG. Salah satu keunikan game ini adalah bahwa kita akan berpetualang di dunia Disney. Nantinya kita akan bertemu dengan Donald Duck, Goofy, Micky Mouse, dll. Selain itu, di setiap tempat yang kita lalui, kita akan disambut oleh karakter baru yang bisa kita mainkan, sehingga kita tidak akan bosan dalam memainkan game ini.


4. Tales of Destiny II a.k.a Tales of Eternia
Oke waktunya produsen lain~ Tales of Eternia adalah game dari Namco (sekarang kayaknya sudah berafiliasi dengan Bandai, jadi Bandai-Namco). Game ini adalah game untuk konsol PS-1. Sistem dalam game ini kurang lebih sama dengan Kingdom Hearts II, hanya saja ada perbedaan antara dunia saat berjelajah dengan tampilan saat battle.


5. Breath of Fire IV
Breath of Fire IV adalah game untuk konsol PS-1 dari Capcom. Mungkin terdengar aneh karna biasanya Capcom memproduksi game fighting semacam Street Fighter. Breath of Fire IV adalah game yang murni RPG, sistemnya pun sederhana, masih turn-based (menyerang sesuai giliran). Namun storyline yang kuat bikin game ini susah dilupakan. Gue aja masih inget gimana perasaan waktu gue nyampe di tempat A, tempat B, soalnya game ini bener-bener bisa membawa perasaan orang yang memainkannya.


So guys, that's all from me. Sebenernya masih banyak game RPG lain yang gue suka, tapi 5 game inilah yang jadi top 5 dalam list gue. Moga bisa jadi pencerahan buat lo yang baru mau main RPG :)

Thank you~

Sumber gambar : 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Quote

Let's get it done . .実現の為にゆくのよ. . Let's face it
Let's get it done. .Moving on for the sake of realization. .
Let's face it ~YUI

LEO-House Indonesia

Tanya Mbah Gugel

Loading