Tips Memilih Kostan

Halo guys, setelah sekian lama berhenti, akhirnya gue bikin entri lagi di blog ini. Kali ini gue mau ngasih beberapa tips memilih kostan. Buat para pelajar atau pekerja yang merantau, pastilah salah satu hal yang wajib dipertimbangkan adalah kostan, karna di situlah kita akan menghabiskan waktu kita untuk istirahat dan pekerjaan lainnya diluar kegiatan utama kita. Sebenarnya kostan bukanlah hal yang wajib, maksudnya lo bisa aja numpang di rumah saudara ataupun temen, tapi lama-lama pasti lo bakal ngerasa gak nyaman dan ingin bebas. Nah buat yang baru mau ngekost alias sebelumnya belum pernah, gue mau ngasih beberapa tips memilih kostan. Poin-poin yang di bawah ini adalah poin yang wajib dipertimbangkan :

1. Biaya 
Hal yang jadi poin utama ini pastinya adalah hal yang penting banget dalam memilih kosan, atau bahkan dalam berbagai macam hal dalam kehidupan sehari-hari. Pastinya seseuaikan harga kosan dengan budget yang lo punya. Kalo seandainya lo tipikal orang yang menganggap kosan cuma sebagai tempat istirahat, menurut gue memilih kosan dengan biaya yang relatif rendah merupakan pilihan yang tepat.



2. Luas Ruangan 
Setiap orang pastinya punya standar yang berbeda-beda buat yang satu ini. Luas ruangan dari kamar kosan yang bakal lo tempatin haruslah sesuai dengan keinginan lo. Kalo lo seorang pengidap claustrophobia, pilihlah kamar kosan yang cukup luas. Seandainya lo tipikal orang yang gue sebutin di poin no. 1, yaitu cuma menjadikan kosan sebagai tempat beristirahat dan bukan pengidap claustrophobia maka kosan yang sempit pun gak masalah. Sesuaikan dengan tingkat kenyamanan dan tujuan penggunaan kamar kosan tersebut.

3. Ketersediaan Air 
Salah satu hal terpenting yang perlu dipertimbangkan dalam memilih tempat tinggal, yaitu ketersediaan air. Pastinya kita pengen kosan yang supply airnya mengalir dengan lancar dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Jangan sampai suatu ketika kita mesti pergi ke luar dengan tergesa-gesa dan belum mandi, tapi karna airnya gak ngalir kita gak jadi mandi. Gak mandi juga gak masalah sih, asal lo nyiapin stok parfum yang cukup banyak supaya tetep wangi meskipun gak mandi (contoh yang ngaco, karna lo bias bikin tukang parfum cepet kaya). Lo bisa Tanya ke pemilik kosan tentang ketersediaan air, tapi karna pemilik bisa aja menutupi kebenaran demi larisnya kosan, jangan sungkan buat nanya ke penghuni kosan yang lain.

4. Signal Coverage 
Jaman sekarang kayaknya hampir semua orang udah punya yang namanya ponsel, bahkan gue pernah liat ada penjual bakso yang pake hape BebekBeri (sementara gue cuma pake Nokiyem 3310). Menurut gue jangkauan sinyal buat ponsel ke kamar kosan itu penting dipertimbangkan. Kita gak tau kapan kita mesti melakukan panggilan telepon, ataupun mengirim sms yang sangat penting, dan tanpa sinyal hal itu bakal sulit dilakuin. Meskipun lo tipikal orang yang jarang nelpon atau nge-sms, tapi mungkin saja bakal ada sms penting yang dikirim ke ponsel kita dan kalo gak ada sinyal pastinya sms itu gak bakalan nyampe.


Nah itu tadi 4 poin yang menurut gue sangat penting dalam memilih kamar kosan, di bawah ini ada beberapa lagi poin yang mungkin gak begitu penting tapi bisa jadi bahan pertimbangan, yaitu :

Situasi, Kondisi, Toleransi, Pantauan, dan Jangkauan
Ngebaca tulisan di atas mungkin mengingatkan lo pada sebuah lelucon singkatan. No, gue ga akan ngebahas hal itu, karna hal-hal di judul itu emang bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih kamar kosan.

a. Situasi 
Ngelirik poin 2 di bagian hal penting, gue udah bilang kalo dalam memilih kamar kosan harus disesuaikan dengan keperluan. Situasi juga mesti lo pertimbangkan tergantung tujuan penggunaan kamar kosan itu. Seandainya kamar kosan itu dipake buat semedi, belajar, ruang diam seribu kata, lo mesti nyari kamar kosan yang situasinya lumayan sepi alias gak dikerubungi anak-anak kecil yang bisa bikin gaduh.

b. Kondisi 
Kondisi memengaruhi kenyamanan tentunya, kalo lo gak suka kamar kosan yang gelap, carilah yang ada lampunya. Kalo lo gak suka kamar kosan yang menghambat pertumbuhan lo, carilah kamar kosan yang cukup disinari sinar matahari. Kalo lo gak suka kamar kosan yang sering kemasukan air, jangan ngekost di tengah lautan.

c. Toleransi 
Lagi-lagi kembali ke poin penting nomor 2, sesuaikan dengan tujuan penggunaan kosan. Kalo lo mesti sering-sering ngajak temen ke kosan, pastikan lo dapet kamar kosan yang ngasih toleransi yang cukup luas buat tamu. Kadang ada pemilik kosan yang gak mau ada tamu yang menggunakan fasilitas dan sumber daya yang ada di kosannya, atau mungkin ada yang gak boleh bawa tamu sama sekali.

d. Pantauan 
Kadang kita gak tau kapan kita butuh bantuan orang lain, entah itu teman, tetangga, atau rumput yang bergoyang. Usahakan buat nyari kamar kosan yang mudah terpantau sama temen lo, atau kalo seandainya lo bener-bener gak ada temen usahakan agar lo akrab dengan tetangga supaya ketika sewaktu-waktu lo ada masalah (misalnya sakit) mereka bisa bantu.

e. Jangkauan 
Jangkauan di sini secara khusus adalah jangkauan dari kamar kosan lo ke tempat-tempat umum. Buat lo yang gak mau susah payah masak nasi, masak air, cari kosan yang deket ke warung (terserah warung apapun, asal warung beneran, bukan warung yang menutupi sesuatu). Tempat umum lain yang mungkin lo bakal butuh disaat genting adalah warnet, tukang fotocopy, tukang pulsa, dan tukang lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Quote

Let's get it done . .実現の為にゆくのよ. . Let's face it
Let's get it done. .Moving on for the sake of realization. .
Let's face it ~YUI

LEO-House Indonesia

Tanya Mbah Gugel

Loading