Bimbel vs Privat ~Part I~

Halo guys, how are you?

Gue kembali lagi dengan sebuah postingan yang berisikan sebuah tips. Ya! Kali ini tips yang mau gue coba share adalah tentang kerja part time yang umum buat mahasiswa yaitu mengajar.

Buat kalian yang berstatus mahasiswa, pasti udah gak asing dong dengan pekerjaan sampingan berupa mengajar?. Yup, mengajar yang gue maksud adalah bener-bener ngajar anak sekolah di tempat bimbel tertentu atau belajar secara privat. Secara umum kedua tipe mengajar barusan punya kelebihan (keuntungan) dan kekurangan (kerugian) masing-masing khususnya buat kita pengajar. Nah di sini gue mau mengupas sedikit tentang hal ini, so stay tune!.

1. Mengajar di Bimbel
Bimbingan Belajar atau Bimbel adalah sebuah lembaga yang menyediakan jasa pengajaran tentunya bagi mereka yang membutuhkan. Biasanya, bimbel diidentikan dengan bimbingan belajar untuk pelajar tingkat sekolah dasar hingga menengah. Sementara lembaga yang menyediakan bimbingan semacam kursus biasa disebut Lembaga Pendidikan dan Kejuruan atau LPK. Dalam postingan ini gue cuma mau ngebahas tentang pengajaran di bimbel karena gue cuma punya informasi tentang ini.

Mengajar di bimbel itu berarti lu terikat kontrak kerja dengan sebuah lembaga yang berarti lu harus mengikuti peraturan lembaga tersebut mulai dari waktu pengajaran hingga honor. Mengajar di bimbel itu gak mulu mengajar di tempat lembaga itu, tapi bisa juga mengajar privat lewat perantara lembaga yang lu terikat dengannya. Berikut beberapa hal yang mau gue bahas tentang keuntungan ngajar di bimbel :

a. Teratur
Sesuai dengan yang udah gue kasih tau, mengajar di bimbel berarti lu harus mengikuti peraturan. Gak cuma pengajar, murid pun mesti ngerti tentang peraturan yang ada di sebuah bimbel. Urusan waktu juga jelas udah diatur sama bimbel, yang berarti jadwal ngajar lu udah pasti, minimal gak akan ada permintaan ngajar ngedadak. Kalaupun ada siswa yang mau belajar di luar jadwal, biasanya mereka bakal minta maksimal 1 hari sebelumnya. Selain itu, dari segi sumber daya berwujud modul juga jelas udah tersedia, jadi lu gak perlu susah payah mikirin buat bikin dulu modul pembelajaran. Keteraturan dalam bimbel ini menurut gue menjadi salah satu nilai plus yang ditawarkan.


b. Jenjang Karir
Menjadi pengajar di bimbel kurang lebih sama kayak bekerja di perusahaan, yang berarti ada jenjang karir tertentu yang bakal lu dapet. Nowadays, udah banyak bimbel yang pake sistem kontrak atau perjanjian kerja yang umumnya selama setahun. Setelah kontrak itu selesai, ada kemungkinan lu bakal diangkat sebagai pengajar tetap dan bakal menjadi “lahan” pekerjaan lu yang tetap pula. Kalo udah jadi pengajar tetap, berarti minimal ada penghasilan tetap dong? Dengan demikian lu gak perlu terlalu bingung buat nyari penghasilan tambahan karna ada uang saku yang masuk dari bimbel.



c. Frekuensi Mengajar
Semakin rajin lu mengajar di bimbel tertentu, semakin terlihat kualitas lu, maka semakin bertambah juga kepercayaan bimbel tersebut sama lu. Selain bakal diangkat sebagai pengajar tetap, nantinya lu bakal diminta buat mengajar dengan frekuensi yang lebih banyak dari biasanya (tergantung kemampuan dan jam terbang lu juga). Katakanlah setahun pertama lu cuma ngajar seminggu 2x, tapi karena pihak bimbel merasa puas dengan kualitas mengajar lu, maka bisa jadi frekuensi mengajar bakal bertambah jadi 4 bahkan 6x seminggu. Dengan bertambahnya frekuensi, berarti semakin besar pula pemasukan yang bakal lu dapet.

d. Exact Micro Teaching
Exact Micro Teaching maksudnya bimbel adalah tempat mengajar yang sebenarnya! Kenapa? Karena situasi dan kondisinya mirip dengan sekolah. Ada anak yang rajin, malas, tenang, rebut sampe yang banyak nanya gak jelas. Mengajar di bimbel bakalan ngasih pengalaman yang bener-bener dibutuhkan kalo kelak salah satu diantara kita berpisah..eh salah, jadi guru maksudnya.Selain dapet uang saku, lu juga bakal dapet pengalaman buat ngajar dan mengkondisikan kelas, dan tentunya bertemu dengan bermacam-macam orang juga. So much fun!

Tak ada gading yang tak retak, begitulah kata pepatah. Meskipun ada cukup banyak keuntungan ngajar di bimbel, pastinya ada kelemahannya juga dan bakal gue bahas di poin-poin berikut ini :

a. Honor
Tak bisa dinyana bahwa bimbel umumnya ngasih honor yang relatif rendah untuk porsi jam belajar yang cukup banyak. Katakanlah untuk sebuah bimbel dengan pengajar yang udah ngajar selama 3 tahun aja, honornya cuma sekitar 100rb per 2 jam ngajar. Bimbel lain mungkin bisa aja ngasih lebih rendah daripada itu, tergantung tingkatan siswa yang lu ajari dan juga kapasitas ngajar lu. Umumnya pengajar yang mampu mengajar siswa buat menghadapi sebuah even kecil besar tak terbayangkan dan agak menakutkan bernama UN bakal dikasih honor yang lebih besar daripada biasanya. Well, kalo misalkan honor yang dikasih itu menurut lu cukup, it’s ok. Tapi kalo gak cukup? Mending dipikir-pikir lagi deh, apalagi kalo misalnya uang honor itu malah habis buat ongkos transportasi.

b. Keterikatan
Jenjang karir yang cemerlang tuh memang sangat indah, tapi perlu diperhatikan kalo mengajar di bimbel berarti lu bakal terikat dengan segala macam peraturannya. Buat orang yang gak seneng terikat dengan segala komitmen bimbel, kayaknya bakalan kesusahan. Gue pribadi pernah punya pengalaman dimana gue bener-bener “dipaksa” buat ngajar padahal gue beneran gak bisa, katanya sih karena itu udah tanggung jawab gue. Di sisi lain waktu ngajarnya gak bisa dipindahin, it means that mau gak mau gue mesti ngajar atau absen yang bakal berdampak sama berkurangnya kepercayaan pihak bimbel. Well, ini juga tetep tergantung sama pihak bimbelnya. Fleksibilitas waktu yang kurang bagus tentunya bakal bikin lu buat stay tune buat ngajar tanpa bisa kompromi buat dipindahin waktu ngajarnya.

Yah pemirsa, barangkali sekian dulu informasi yang bisa gue share terkait mengajar di bimbel. Artikel ini jelas bukan referensi mutlak yang mesti lu pake sebelum memutuskan buat ngajar. Bertanya, mendengarkan cerita dari orang-orang yang punya pengalaman di dunia bimbel juga pasti bakal nambah pengetahuan lu. Tetapi yang jelas, bagaimanapun harus disesuaikan sama kapabilitas dan kompatibilitas lu (dikira hand phone kali). Kalo lu mau, kapabel (mampu) dan kompatibel (cocok) bimbel bakal jadi pilihan yang bagus buat dapetin penghasilan dan pengalaman. By the way penjelasan tentang pengajaran privat bakal gue paparkan di postingan selanjutnya, jadi stay tune ya!


Sumber Gambar :


0 komentar:

Posting Komentar

 

Quote

Let's get it done . .実現の為にゆくのよ. . Let's face it
Let's get it done. .Moving on for the sake of realization. .
Let's face it ~YUI

LEO-House Indonesia

Tanya Mbah Gugel

Loading