Bimbel vs Privat ~Part II~

Hello guys~

Sesuai dengan postingan gue sebelumnya tentang Bimbel vs Privat ~ Part I~ , gue bakal ngelanjutin penjelasannya di postingan ini. Yup, karena postingan sebelumnya udah ngebahas tentang mengajar di bimbel, di postingan ini gue bakal ngebahas keuntungan dan kerugian ngajar secara pribadi. So, check this out!


2. Mengajar Secara Pribadi (Privat)
Sebelum masuk ke penjelasan, gue mau ngasih sedikit definisi dulu dari sub judul yang tertera di atas. Mengajar secara pribadi atau privat maksudnya kita ngajar tanpa terikat dengan sebuah lembaga atau bimbel, dengan kata lain hanya berhubungan langsung dengan si pemakai…..umm maksudnya sama murid yang mau diajarin. Karena berhubungan langsung sama murid, pastinya ada perbedaan dong antara ngajar lewat bimbel dengan ngajar privat. Apa sih keuntungan dan kerugian ngajar secara pribadi ini? Bakal dibahas tentang keuntungannya dulu di bawah ini :

a. Bebas
Ketidakterikatan kita sebagai pengajar dengan bimbel pastinya bakal bikin kita bebas buat memutuskan apapun yang berhubungan sama pengajaran. Mulai dari jadwal, durasi, sampai tempat pun mungkin aja kita bisa atur sebebas-bebasnya, asalkan muridnya juga setuju sama kita. Sebagai contoh jadwal, kalo misal kita ngerasa gak bisa buat ngajar di hari tertentu, kita bisa nego sama murid buat ngajar di hari dan waktu yang cocok sama kita. Durasi pun mungkin berubah-ubah tergantung kebutuhan dan kemampuan. Gue pribadi pernah ngajar privat paling cepet itu 1 jam dan paling lama 7 jam. Hal ini bakal menguntungkan dari segi fleksibilitas hingga ke honor. Katakanlah suatu hari kita mesti ngajar tapi juga ada urusan lain yang ngejar, kita bisa aja nego buat ngajar cuma separuh waktu dari yang biasanya. Selain beberapa hal di atas, jelas lu juga gak akan terikat sama peraturan-peraturan yang bikin lu eneg. Ngajar privat menurut gue cocok buat orang yang jam terbang di hari biasanya cukup sibuk, tapi luang pada akhir minggu.

b. Honor
Dari sub judulnya aja udah ketauan apa yang mau dibahas, tentang kelebihan dari segi honor ngajar privat dibanding ngajar di bimbel. Karena dalam ngajar secara privat lu berhubungan langsung sama murid, otomatis perihal honor pun bisa diatur-atur tergantung kesepakatan. Kalo kebetulan lu dapet murid yang orang tuanya super tajir, lu bisa aja pasang tarif ngajar yang cukup tinggi, misalnya Rp 180.000 per 2 jam ngajar. Nominal segitu menurut gue udah wow banget, dengan meluangkan waktu buat ngajar yang cuma 2 jam ditambah sedikit waktu di jalan lu bisa dapet penghasilan yang menurut gue gede banget, gimana kalo misal ngajarnya lebih dari 2 jam? Lu harus bilang : WOW. Dibandingkan sama bimbel yang mau setajir apapun murid yang lu ajari honornya gak akan berubah. Bahkan kalo di bimbel jumlah muridnya tentu bisa lebih banyak dibanding privat yang umumnya cuma sendiri.

c. Modus
sebenernya gue gak ngerti kenapa gue ngetik ini, tapi intinya dengan mengajar privat lu bisa lebih deket sama keluarga murid yang mungkin sejak pertama bertemu udah bikin lu jatuh cinta. Kan jadi lebih cepet tuh buat nyampe ke pelaminan #ehh

Terlepas dari keuntungan poin b yang sangat menggiurkan, ternyata tetep aja mengajar secara privat tuh ada kerugiannya, apa sih?

a. Putus Hubungan
Ada kalanya murid yang kita ajari mungkin sudah merasa cukup dengam “bimbingan” yang kita kasih, dan berarti selanjutnya doski gak akan butuh les privat lagi. Saat keadaan tadi kita hadapi, itu berarti kita udah putus hubungan sama murid kita (kapan jadiannya?). Kalo udah putus hubungan, otomatis kita pun gak akan dapet lagi pemasukan dong?. Inilah yang jadi satu kelemahan atau kerugian ngajar privat, manakala murid memutuskan hubungan buat les, kita bakal jobless alias kehilangan pekerjaan. Bahkan meskipun murid yang kita ajar udah les selama 2 tahun, pasti dia suatu hari bakal berhenti les juga. Dengan kata lain mengajar secara pribadi tuh jenjang karirnya gak jelas, atau malah bisa berhenti tiba-tiba. Berbeda dengan bimbel yang kalo kita bisa terus mengajar, pasti karir kita bakal terus berkembang. Dalam pengajaran privat, mau sehebat apapun ilmu atau cara mengajar kita, jenjang karirnya tetep gak jelas dan bukan gak mungkin berhenti disaat kita justru lagi butuh pemasukan.

b. Jarang Mengajar
Well sebenernya poin ini gak begitu ngaruh kalo seandainya lu punya banyak murid yang belajar privat. Tapi kalo semisal kebanyakan anak yang belajar privat itu cuma akhir minggu, berarti kemungkinan buat nerima lebih dari 1 murid bakal kecil kan?. Itulah yang gue maksud, karna kecenderungan buat milih akhir minggu sebagai waktu belajar tambahan, alhasil jadinya lu jarang mengajar. It means that penghasilan pun gak akan begitu banyak. Tapi lagi-lagi kalo seandainya dengan honor yang udah lu dapet itu cukup, poin ini jelas bisa diabaikan.




Yah pemirsa, sekian aja sedikit penjelasan dari gue tentang perbandingan mengajar di tempat bimbel dengan privat. Kadang buat gue sendiri, yang terpenting itu bisa ngajar sampai anak didik ngerti benar dan ada perkembangan yang signifikan. Pilihan mengajar manapun yang bakal lu pilih, inget aja 1 hal kalo lu bukan sekedar ngajar dan dapet duit, tapi lebih dari itu lu mengemban amanah buat memperbaiki kualitas pemahaman anak didik. Tetap semangat!

See you~

Sumber gambar :
http://mutiarabirusamudra.blogdetik.com/files/2013/08/6007e2f720f427f01b8cc5ae9426be4d_stop.jpg
http://octopus.web.id/wp-content/uploads/2012/06/putus-cinta-300x198.jpg
http://www.mbmb.gov.my/image/image_gallery?uuid=978c181d-d417-4e5f-bdc4-4a14038f22a4&groupId=28324&t=1304585270173
http://i1.sndcdn.com/artworks-000065459328-zh0e7r-original.jpg?30a2558
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEirSNGXwOv4NqaBVxtfjm0cYMXcK9iH45BCiBaEa89mJHVnNUJN3D-WE1gMeln_Fx-eeKUjIjWfIYMZdW4amfxWdp5VJCz7mlNGOHqocJP4Oghe_RroL2UaKi50wx-eNBgysB7ybbk545Q/s1600/Student_Teacher_Relationship1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEim-NJb7_AIN-ckxpqQcoA1z9tTc_R-9A6T4I5psNlGXPKfv2dHHi7t9VKGAjNI0U7x93_c52L_teYwdqSyMo0PFd7745VleDd9k5A890s-_V9hLbNpG4rKgD0L3vstsfcqx5q_YOAvDrU/s320/free.png

0 komentar:

Posting Komentar

 

Quote

Let's get it done . .実現の為にゆくのよ. . Let's face it
Let's get it done. .Moving on for the sake of realization. .
Let's face it ~YUI

LEO-House Indonesia

Tanya Mbah Gugel

Loading