Bahan Kimia Dalam Kehidupan

Hello everyone~

Gue lagi semangat nge-blog nih, tapi semangat juga gak dibarengi denga ide, haha. Alhasil gue cuma bisa ngelamun sebelum ngetik sesuatu. But sekarang mumpung ada ide, gue langsung aja tulis di blog ini.
Oke, sekarang gue mau bahas tentang beberapa bahan kimia yang sering dipake dalam kehidupan sehari-hari.

By the way, sebenernya banyak banget bahan kimia yang dipake dalam kehidupan sehari-hari, malah hampir semua benda yang berhubungan dengan kehidupan kita itu bahan kimia. Cuma ya dalam istilah masyarakat umum, bahan kimia itu didefinisikan sebagai bahan berbahaya. Di sini gue yang mau gue bahas cuma 2 ada bahan kimia berbahaya yang sering dipake dalam panganan, ada bahan kimia laboratorium yang dipake buat obat. Oke kita mulai ya ..

1. Pijer
Buat yang pernah bikin ketupat, pasti tau pijer atau orang kenal juga dengan nama bleng atau gendar. Pijer ini biasanya dipake dalam ketupat supaya ketupat bisa lebih awet. Panganan yang "basah" emang cenderung gampang basi, nah si pijer ini bisa bikin ketupat lebih awet. Loh emang pijer ini apa sih sampe sebegitu bermanfaatnya? Percaya gak percaya, pijer itu boraks lho guys. Tau kan boraks? Boraks adalah bahan kimia berbahaya yang suka dipake ngawetin. Cuma kalo boraks ini dipake buat manusia, itu gak baek buat kesehatan. Boraks ato nama kimianya Natrium Tetraborat, dalam jumlah besar bisa mengakibatkan kanker!!  Gak dalam jumlah besar pun, baiknya kita menghindari penggunaan boraks, kalo lama-lama numpuk juga nantinya jadi banyak juga. Jadi buat lo semua yang suka bantuin ortu buat bikin ketupat dan suka pake pijer, mending kasih tau deh buat ngurangin atau ga usah pake pijer. Lebih baik ketupatnya cepet busuk, daripada badan lo yang mesti cepet busuk.


2. Permanganat Kalium
Pernah menderita kutu air? Gue pribadi belom pernah si, apa ada kutu yang nyangkut di air ato apa gue juga gatau. Tapi kalo diliat-liat sih, semacam penyakit kulit gitu akibat kuman, kayaknya si kuman dari air, makanya disebut kutu air. Nah kalo misal lo punya penyakit kulit, biasanya lo bakal disuruh buat ngerendem kulit yang kena kuman itu pake obat yang dikenal dengan nama PK. Apa sih PK? PK tuh singkatan dari Permanganat Kalium, rumus kimianya KMnO4, zat ini berwujud padat dan berwarna ungu. Tapi ya kalo lo mau beli zat kimia ini ke apotek, cukup bilang 'PK' ga usah 'Permanganat Kalium", kalo apotekernya gatau kan jadi berabe *plak. PK ini dipake buat obat penyakit kulit karna bisa membunuh kuman. Cuma lo harus ngelarutin dulu PK nya pake air yang hangat kalo mau dipake pengobatan (pake air panas juga bisa si, bayangin aja sendiri). Sehabis berendam, biasanya bakal ada noda warna coklat, itu tuh hasil penguraian dari PK nya, jadi jangan takut kalo tiba-tiba ada noda coklat. PK juga dipake di laboratorium kimia buat banyak hal, jadi PK ini salah satu bahan kimia yang memang bermanfaat buat penyembuhan penyakit kulit.


Mungkin cuma segini dulu info yang bisa gue kasih. Nanti kalo gue udah inget lagi tentang bahan kimia lain, ntar gue post kok, sekarang gue lupa *plak.

Thank you~

Sumber gambar :

0 komentar:

Posting Komentar

 

Quote

Let's get it done . .実現の為にゆくのよ. . Let's face it
Let's get it done. .Moving on for the sake of realization. .
Let's face it ~YUI

LEO-House Indonesia

Tanya Mbah Gugel

Loading