My Lovely School : SMK Negeri 13 Bandung

Heloo guys~

Back with me, LOL gue kehabisan kata-kata buat opening. Langsung aja deh ya, sekarang gue mau nyeritain tentang sekolah gue tercinta, yaitu SMKN 13 Bandung.

Gue masuk SMKN 13 Bandung itu tahun 2007, dan lulus tahun 2011. Strange isn't it? mungkin lu bakal mikir kalo gue tinggal kelas selama setaun, no not that. SMKN 13 Bandung adalah sekolah menengah kejuruan yang punya 2 program keahlian atau jurusan, yang pertama Analisis Kimia, kedua Teknik Komputer & Jaringan. Back then, gue adalah salah satu siswa jurusan analisis kimia. Sekolah gue ini didirikan taon 1935, waktu tepatnya gue gak tau, mungkin buktinya udah hilang ditelan jaman. As you can see, sekolah ini didirikan pada masa penjajahan. Yup bener, sekolah ini didirikan oleh Prof. C.O Schaeffer , mungkin dia ini salah satu cendekiawan pada masa itu. Gue ceritain aja secara sejarah sekolah ini :

Tahun 1935 :
Didirikan Kursus Analis di Technische Hoogeschool te Bandoeng (sekarang : Institut Teknologi Bandung). Tempat kursus diwaktu sekarang ini berada di dekat gedung Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan ITB.

Technische Hoogeschool te Bandoeng Pada Tahun 1950

Tahun 1946 :
Kursus Analis diubah menjadi Pendidikan Analis di bawah Faculteit van Technische Wetenschap (Fakultas Ilmu Teknik) dengan lama pendidikan 4 tahun.
Dipimpin oleh : Prof. C. O. Schaeffer sampai tahun 1958.

5 Agustus 1959 :
Pendidikan Analis disahkan dengan SK Menteri Pendidikan & Kebudayaan No.75573, atas usaha keras Ibu Rasmadji.

Tahun 1967 :
Pendidikan Analis dimasukkan di bawah tanggung jawab Departemen Kimia dan Biologi ITB.

Tahun 1974 :
Pendidikan Analis berubah menjadi SAK ITB (Sekolah Analis Kimia ITB).


Tahun 1980 :
Keluar Peraturan Pemerintah No.5/1980, bahwa Dikti tidak boleh mengelola Sekolah Menengah. Jadi SAK diserahkan ke DIKDASMEN

Tahun 1986 :
SAK lepas dari ITB, diberi tempat di Jl. dr.Wahidin No.2 Bandung, dengan nama SMT Analis Kimia.

Tahun 1986 - 1995 :
Menempati gedung ex STM Kimia di Jl.Jenderal Soedirman No.125 Bandung

Tahun 1996 - sekarang :
Menempati kampus baru di Jl.Soekarno-Hatta Km.10 Bandung, sesuai SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.036/O/1997 tertanggal 7 Maret 1997 berubah nama menjadi SMK Negeri 13 Bandung.

Tahun 2007 :
SMKN 13 Bandung membuka program keahlian baru, yakni Teknik Komputer dan Jaringan.

Nah itu tadi sejarah SMKN 13 Bandung. Mungkin ada yang masih bertanya-tanya, kok gue baru lulusnya tahun 2011? Program keahlian analisis kimia di SMKN 13 Bandung adalah salah satu program yang masa studi nya selama 4 tahun. Masa studi yang lebih lama karna sekolah gue memfokuskan Prakerin (Praktik Kerja Industri) di tahun ke-4, jadinya ga akan ngeganggu waktu belajar di kelas 1-3. Sekolah/jurusan lain juga ada kok yang masa studinya 4 tahun, jadi gak cuma sekolah gue aja, kalo untuk jurusan TKJ masa studinya 3 tahun.

Tadi di atas udah dikasih beberapa foto jadul, sekarang gue mau kasih foto-foto SMKN 13 Bandung di tahun 2011, cekidot :

Pahatan Bersejarah

 Lapangan SMKN 13 Bandung

 Taman Bagian Dalam (I)

 Taman Bagian Dalam (II)

Wilayah Bagian Belakang

Koridor

 Laboratorium Kimia Dasar

Neraca Analitik Rem 

 Masjid Al-Hikmah

Kantin Lesehan

Okay segitu aja info yang bisa gue kasih tentang sekolah tercinta gue, SMKN 13 Bandung. Kalo mau tau lebih lanjut, datengin aja langsung sekolahnya, haha kali aja lu yang baca artikel ini atau sodara lu ada yang mau masuk sekolah ini.

So then thank you and see you later~

12 komentar:

  1. Apakah di SMKN 13 ada jurusan akutansi?

    BalasHapus
  2. kalau boleh lebih tau penjelasan tkj seperti apa ya kak?

    BalasHapus
  3. kalau boleh lebih tau penjelasan tkj seperti apa ya kak?

    BalasHapus
  4. Neraca analitik REM nya itu masih dipakai atau di Mesium kan...
    Salam dari kakak kelas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayanya sekarang udah ngga dipake lagi teh, soalnya kemarin2 ngeliat neraca itu disimpen di kardus sama bbrp barang yg udah ga dipake.. kayanya udah rusakk wkwkw

      Hapus
  5. Punten, tiasa dijelaskeun tentang TKJ di SMK 13 Bandung ??

    BalasHapus
  6. Salam ka bu aam, sareng barudak pak iwan... Zaman sayahmah mesjid msh pembangunan. Belum 2 lantai. Jd kalo mw bolos keluar loncat lewat komplek palem, nerekel ka tangkal jambu ato ngaroko di kenteng lab analitik. Masa abu2. Salam, buronan oman.

    BalasHapus

 

Quote

Let's get it done . .実現の為にゆくのよ. . Let's face it
Let's get it done. .Moving on for the sake of realization. .
Let's face it ~YUI

LEO-House Indonesia

Tanya Mbah Gugel

Loading