Resensi Film : Taiyou no Uta (Midnight Sun)

Halo guys~
Bertemu lagi dengan resensi film di blog Rudi Gunawan ~Diversity in Harmony~ ! Kali ini gue mau ngasih sedikit resensi tentang salah satu film favorit gue, judulnya Taiyou no Uta atau judul internasionalnya Midnight Sun.

Judul : Taiyou no Uta (Lagu Matahari) / Midnight Sun
Rilis : 2006
Durasi : 119 Menit
Genre : Drama
Rating : Remaja
Origin : Jepang

Taiyou no Uta (seterusnya TnU) adalah sebuah film bergenre drama yang menceritakan kehidupan seorang gadis bernama Kaoru Amane. Pemeran utama dalam film ini adalah YUI, dan Takashi Tsukamoto.YUI ini penyanyi yang gue ceritain di blog gue juga, cari aja deh di label Music.

Kaoru adalah seorang gadis yang gak biasa, dia bangun di malam hari, keluyuran sambil ngeronda (yakali) sementara siang hari dia tidur. Ternyata Kaoru adalah seorang gadis yang mengidap penyakit yang sangat langka yaitu Xeroderma Pigmentosum. Penyakit XP ini memaksa si penderitanya buat enggak ketemu langsung sama sinar matahari, kalo ketemu. . selesailah film ini (hiks. .sedih banget yak). Karna penyakit ini Kaoru cuma bisa jalan-jalan dimalam hari ketika gak ada sinar matahari yang bisa membahayakan hidupnya.
Setiap malam Kaoru mengisi waktunya dengan pergi ke luar rumahnya untuk berjalan-jalan, tapi gak cuma keluyuran aja, ternyata Kaoru pergi ke luar buat main musik. Biasanya Kaoru main gitar sambil nyanyi di sebuah taman di dekat tempat tinggalnya. Kaoru ini meskipun doi berpenyakit, tapi masih bisa berkarya dan gak mau nyerah sama kehidupannya.

Waktu demi waktu terus berlalu, ternyata Kaoru selalu memerhatikan seorang pria yang dia lihat lewat jendela kamarnya. Hingga akhirnya teman dari Kaoru yaitu Misaki Matsumae, mengetahui hal ini dan ternyata pria itu satu sekolah dengan Misaki. Akhirnya Misaki pun mencari informasi tentang pria itu, karna Kaoru tidak bersekolah sehingga hanya Misaki yang bisa mencari informasi tentang pria itu di sekolahnya. Pria itu bernama Kouji Fujishiro, dan akhirnya Kaoru bisa mengetahui berbagai macam hal tentangnya berkat Misaki.

Suatu malam, Kaoru sedang tersenyum sembari melihat rekaman tentang Kouji yang dibuat oleh Misaki. Lalu Kaoru duduk di sebuah kursi dan dia bernyanyi sebuah lagu. Tanpa disadari ternyata Kouji sudah ada di depan mata Kaoru. Saat itu Kaoru hanya bisa terdiam melihatnya, dan Kouji pun memuji suara dan lagu yang dinyanyikan oleh Kaoru. Kouji akhirnya mengatakan ingin melihat penampilan Kaoru saat libur musim panas nanti.

Malam yang dinanti akhirnya tiba, tapi ternyata taman tempat Kaoru biasa bernyanyi sudah ditempati. Akhirnya Kouji mengajak Kaoru ke tempat lain, tepatnya pusat kota. Untuk pertamakalinya Kaoru bisa menikmati kehidupan kota malam yang menyenangkan bersama Kouji, dan merekapun mendapatkan tempat untuk Kaoru bernyanyi. Ada banyak orang yang melihat, mereka juga menyukai saat Kaoru bernyanyi. Setelahnya Kaoru dan Kouji menepi di dekat sebuah pantai, dan di sana akhirnya Kouji menyatakan ingin menjadi pacar Kaoru, dan tentu saja hal ini membuat Kaoru senang. Tapi tanpa disadari, jam sudah menunjukan pukul 04.30 yang artinya sebentar lagi matahari terbit. Dengan perasaan takut, Kaoru segera berlari menuju rumahnya. Tanpa dinyana Kaoru sempat terpapar sinar matahari sebelum memasuki rumahnya. Apakah yang akan terjadi pada Kaoru selanjutnya? Tonton aja filmnya ya.

TnU adalah sebuah film yang menyampaikan cukup banyak pesan moral, salah satunya adalah bahwa kita tidak boleh menyerah dalam kehidupan meskipun hamper tidak ada kesempatan untuk hidup. Kaoru tetap bertahan meskipun dia hanya bisa melakukan aktifitasnya di malam hari. Karna bergenre drama, film ini jelas banyak menghadirkan adegan yang memilukan. Tapi selain mengharukan, film ini juga menghibur dari segi musikal karna ada beberapa adegan dimana Kaoru bernyanyi dalam film ini.

Kalo mesti ngasih penilaian, gue kasih 8,5 dari 10. Meskipun punya cerita yang bagus, tapi menurut gue cakupan film ini kurang luas. Kalo lebih luas mungkin bisa bikin plot ceritanya lebih asik dan lebih rumit. Cuma secara keseluruhan film ini udah bagus banget, menggabungkan drama dengan pertunjukan musikal. Oh iya sekedar informasi, film ini dibuat dalam versi seri juga, jadi kayak sinetron gitu. Judulnya sama, Taiyou no Uta cuma pemerannya beda.


At last, sekian resensi film Taiyou no Uta dari gue, moga bisa jadi referensi film recommended berikutnya buat ditonton. Sampai jumpa lagi~


Sumber Gambar :

1 komentar:

  1. wah penyanyi favorit saya juga ni kang, saya juga dari 13 kang

    BalasHapus

 

Quote

Let's get it done . .実現の為にゆくのよ. . Let's face it
Let's get it done. .Moving on for the sake of realization. .
Let's face it ~YUI

LEO-House Indonesia

Tanya Mbah Gugel

Loading