Kehidupan Kertas ~Fun With 3R~

Halo guys, how are you?

Akhir-akhir ini gue banyak banget dapet tugas yang mengharuskan gue lari ke tukang foto copy buat ngeprint, ngopy dan sebagainya, jelas hal itu bikin dompet gue jebol (curhat..). Tapi guys, bukan soal dompet yang mau gue bahas di sini, tapi tentang kertas. 
Kertas itu, benda yang memang sangat penting untuk menunjang kegiatan sehari-hari terutama belajar. Gak bisa dipungkiri kalo banyak banget macam tugas yang mengharuskan kita buat memakai kertas. Tapi tau gak sih sebenernya ada apa di balik kehidupan kertas?. Nih ya ada beberapa fakta tentang kehidupan kertas :

a. Kertas dan pohon
Guys, fakta pertama yang pasti sebagian besar orang udah tau adalah kertas itu bahan bakunya kayu, dan kayu itu berasal dari pohon. Ya meskipun katanya udah banyak orang yang punya alternatif buat pake bahan baku lain, nyatanya kayu masih menjadi bahan baku yang dipilih buat bikin kertas. Surpringsly, berdasarkan Trunity untuk setiap 1 ton pulp (yang bakal menjadi 1,2 ton kertas) itu kita butuh kira-kira 4,6 m3 kayu!. Data lain dari P-WEC menyatakan kalo setiap 15 rim kertas itu bakal ngorbanin 1 pohon, Oh My God. Dan ternyata, menurut Kementrian Perindustrian Indonesia (Kemenperin), itu tahun 2012 aja di Indonesia produksi kertas itu mencapai 13 juta ton dalam setahun, artinya produksi kertas ngabisin kurang lebih 337 hektar lahan pohon!. Masalahnya adalah, 70% industri kertas tuh pake kayu dari pohon alam, bukan dari lahan hasil sendiri. Bayangkan, banyak banget pohon yang mesti ditebang tiap tahun, tiap harinya. Buat perhitungan rinci tentang kebutuhan bahan baku pembuatan kertas, cek webs Trunity di atas.

b. Limbah kertas
Kertas, malangnya nasibmu, habis manis sepah dibuang. Tanpa mesti melihat data pun kita pasti udah sering banget ngeliat banyak tumpukan kertas di mana-mana, entah itu kertas putih atau kertas koran. Guys,diperkirakan di Amerika Serikat sampah kertas koran yang dibuang setiap harinya itu setara dengan kurang lebih setengah juta pohon yang dibuang dengan tragisnya dalam kurun waktu satu minggu. How cruel!

Gak perlu banyak-banyak buat ngasih fakta tentang kehidupan kertas, karena dua hal di atas aja udah bikin nyesek banget bacanya. Lebih nyesek lagi kalo kita nyadar di Indonesia tuh konsumsi kertas pastinya banyak banget. Tengok deh apa yang lagi booming akhir-akhir ini. Ya, pemilihan umum alias pemilu yang pake banyak banget kertas pastinya. Selain itu masih banyak lagi kegiatan yang menggunakan kertas secara masif, seperti ujian nasional, tugas di sekolah dan kampus, kebutuhan kantor dan masih banyak lagi. Tanpa sadar kita lah salah satu 'pelaku' pemborosan kertas itu. Trus kalo gitu mesti gimana dong? Ya jelas, kita mesti mengurangi penggunaan kertas yang beberapa dintaranya gue kutip dari P-WEC juga, cekidot :

a. Pakai kertas bolak-balik
Kalo gak resmi, dan gak penting-penting banget sih mending kita maksimalkan kertas dengan memakai kedua sisinya alias bolak-balik. Mintalah ke mamang foto copy buat bikin copy-an lu jadi bolak-balik, jadi gak boros kertas. Well, harganya memang sama tapi kita jadi lebih hemat kertas kan?

b. Print gak perlu lebay
Sekiranya dokumen yang mau diprint tuh bisa dan boleh dikecilin marginnya, mending kecilin aja biar lebih banyak teks yang bisa buat dalam satu halaman, gak usah lebay pengen banyak-banyak. Selain itu kalo memungkinkan, ngeprint 2 halaman dalam 1 kertas juga ide yang bagus.

c. Minimalisasi penggunaan kertas
Sebenernya ada kalanya kita tuh gak butuh-butuh banget buat pakai kertas, dan saat itulah kita mesti bijak buat mengurangi penggunaan kertas. Semisal bikin brosur, gak perlu terlalu besar juga gak masalah kan? yang penting informasinya tetep jelas. Selain itu, semisal ada bahan ajar yang ada data digitalnya dan kita nyaman buat ngebacanya, itu lebih baik dibanding ngr-copy bahan ajar yang pasti menambah pemakaian kertas. Pemakaian ulang kertas bekas juga ide yang bagus, terutama kalo cuma mau bikin draft atau coret-coretan, gak perlu pakai kertas baru kayaknya. Tiga hal tadi menurut gue bisa mengurangi penggunaan kertas, artinya kita bisa ngelakuin penghematan kertas.

Masih banyak cara buat ngurangin penggunaan kertas secara boros, tiga hal di atas cuma beberapa hal simpel yang biasa kita lakukan di kehidupan sehari-sehari. Selain meminimalisasi penggunaan kertas, ada juga sebuah usaha yang bisa ngebantu mengurangi limbah kertas yang tadi di atas udah gue sebutin. Kegiatan ini sebenernya gak cuma dilakuin buat kertas, tapi juga buat limbah lainnya. Kegiatan ini dinamai 3R alias Rudi, Rudi, Rudi (digampar).. salah guys yang bener itu Reduce, Reuse, Recycle atau mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang. Reduce sama reuse udah gue bahas di atas, nah sekarang gue mau bahas sedikit tentang recycle atau mendaur ulang.
Mendaur ulang maksudnya kita mengolah kembali limbah terutama kertas buat dibikin jadi barang lain yang memiliki nilai jual, sehingga gak akan jadi onggokan sampah gak berguna. Pastinya sebagian dari kita udah sering banget ngeliat ada orang yang ngebakar sampah-sampah kertas yang katanya tujuannya buat ngurangin sampah itu. Waduh, ngebakar kertas emang sih 'menghilangkan' kertas dari muka bumi, tapi jangan lupa hasil dari pembakaran itu adalah karbon dioksida atau malah karbon monoksida yang bisa bikin global warming semakin parah. Jadi sebaiknya limbah kertas atau pada umumnya limbah itu gak boleh dibakar, lebih baik didaur ulang biar jadi barang yang lebih bermanfaat. Berikut ini ada beberapa cara mendaur ulang limbah kertas jadi sesuatu hal yang lebih berguna :

a. Mengolah limbah kertas menjadi kertas daur ulang
Well guys, ternyata limbah kertas itu bisa kita daur ulang menjadi kertas lagi yang bisa kita pakai buat kebutuhan sehari-hari, ini artinya bisa menghemat penggunaan kertas. Secara garis besar, langkahnya cukup mudah, limbah kertas itu dijadikan bubur kertas, abis itu dicampur dengan air, terakhir dikeringkan dengan proses tertentu. Kertas daur ulang ini memang kualitasnya gak sebagus kertas baru, tapi masih sangat layak buat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Coba deh cari tutorial pengolahan limbah kertas menjadi kertas daur ulang, cukup mudah kok!

b. Mengubah menjadi barang bernilai estetika
Scraps to Wall Art
Limbah kertas yang bergelimangan itu juga kita bisa ubah jadi barang lain yang bernilai estetika, Barang bernilai estetika itu bisa berupa barang hias, atau bahkan barang pakai seperti tempat pensil yang berseni. Banyak banget contoh barang yang bisa dibikin dari kertas bekas, salah satu contoh yang gue ambil adalah karya dari blog Alittlehut bertajuk Scraps to Wall Art.

c. Sumbangkan kertas bekas
Kalo seandainya lu terlalu males atau sibuk buat ngelakuin dua hal di atas, menyumbangkan kertas bekas juga bisa jadi ide yang bagus buat urusan daur ulang kertas. Sebuah lembaga bernama Soegeng Sarjadi School of Government atau SSSG membuat sebuah program pemberdayaan kertas bekas, yang nantinya keuntungan dari penjualan barang daur ulang itu dipakai buat membiayai anak putus sekolah. Wow! Sounds great!. Buat info lebih lengkapnya coba cek postingan SSSG tentang Sampah Kertas Untuk Pendidikan Indonesia.


Mungkin segitu aja kali ya, beberapa hal yang bisa gue sampaikan tentang kehidupan kertas dan bagaimana menyenangkannya kalo kita bisa ngelakuin 3R terhadap kertas dan limbahnya. Well, mungkin kalo cuma kita yang ngelakuin hal ini, perubahannya sangat kecil. Tapi ingat! A big achievement started with a single step, gak akan ada perubahan besar tanpa langkah kecil, maka dari itu mulai sekarang ayo membiasakan diri buat mengurangi pemakain kertas! dan jangan lupa sebarkan postingan ini, LOL.

See you~


Rujukan :
http://www.indoenergi.com/2012/04/mengapa-daur-ulang-itu-penting.html
http://www.mobgenic.com/2013/10/17/10-ide-kreatif-membuat-karya-seni-dengan-menggunakan-kertas/
http://www.p-wec.org/id/go-green/hemat-kertas-itu-berarti-hemat-biaya-dan-peduli-hutan
http://sssgindonesia.blogspot.com/2012/02/sampah-kertas-untuk-pendidikan.html
http://www.trunity.net/sawa/view/article/163773/

Sumber Gambar :
http://www.kaskus.co.id/thread/51400942572acfed76000002/mari-menghemat-kertas-demi-hutan-indonesia/
http://nadhiraarmdhn.blogspot.com/
http://smesaclassxiiadper1.blogspot.com/2011/01/10-tips-menghemat-kertas-peduli-hutan.html
http://thelensoflife.blogspot.com/2013/04/a-paper-to-save-tree.html
http://www.infobisnisinternasional.com/berita/kilasbisnis/17/september/2012/kertas-indonesia-diantara-tumpukan-kertas-dunia

0 komentar:

Posting Komentar

 

Quote

Let's get it done . .実現の為にゆくのよ. . Let's face it
Let's get it done. .Moving on for the sake of realization. .
Let's face it ~YUI

LEO-House Indonesia

Tanya Mbah Gugel

Loading